Ketua Majlis Pesantren Salafiyah (MPS) Banten, KH. Matin Syarqowi, usai penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) membentuk Rumah Pangan Santri (RPS) di alun-alun barat Kota Serang, Selasa 24
Ketua Majlis Pesantren Salafiyah (MPS) Banten, KH. Matin Syarqowi, usai penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) membentuk Rumah Pangan Santri (RPS) di alun-alun barat Kota Serang, Selasa 24

Ada RPS, Pondok Pesantren Salafiyah Tidak Perlu Bergantung Hidup dari Proposal

SERANG, TOPmedia – Guna membangun kemandirian Pondok Pesantren Salafiyah Majelis Pesantren Salafiyah (MPS) bekerjasama dengan Bulog Subdivre Serang melakukan  Memorandum of Understanding (MoU) membentuk Rumah Pangan Santri (RPS) di alun-alun barat Kota Serang, Selasa 24 April 2018.

"Dengan adanya RPS ini, pesantren bisa dapat income untuk membangun pesantrennya sendiri tanpa harus bergantung kepada proposal," ujar Ketua Majlis Pesantren Salafiyah (MPS) Banten, KH. Matin Syarqowi.

Selain membangun kemandirian pesantren, ungkap KH. Matin, pembentukan RPS ini juga untuk ketahanan pangan nasional. Dan pada program RPS ini tersebut sudah ada 100 pesantren berbasis salafiyah yang akan bergabung.

"Dari 100 Pesantren Salafiyah yang terdaftar baru 30 pesantren se-Banten yang akan memulai dan besok mulai didistribusikan," katanya. 

Dikatakan, KH Matin, pesantren salafiyah ini merupakan Soko guru pendidikan Nusantara, basis pendidikan nasional maka negara harus hadir agar pesantren bisa mengembankan ekonominya secara mandiri. 

"Alhamdulillah sekarang ini pesantren salaf sudah disentuh oleh negara artinya, dulu kami menuntut negara untuk hadir, kini kami bisa lega karena kini pemerintah sudah hadir untuk negara," tambahnya.

Hal itupun mendapat dukungan dari santri, seperti diungkapkan oleh salah satu santri pondok pesantren Al-Fathaniyah, menurut Herman hal itu sangat baik diterapkan di pondok pesantren, kerena dengan itu, santri dapat lebih mandiri. 

"Saya rasa hal ini harus segera dimulai, supaya ketahanan pangan seperti yang diucapkan Ketua MPS Banten dapat terealisasi," tuturnya.(Riz/Red)

berita terkait

Komentar