Jamaah haji.*
Jamaah haji.*

6.788 Calon Haji Asal Banten Siap Diberangkatkan

SERANG, (TOPmedia) - Sebanyak 6.788 calon jamaah haji (calhaj) asal Banten siap diberangkatkan pada 8 Agustus mendatang. Hal itu karena seluruh persyaratan pemberangkatan yang dilakukan oleh ribuan calhaj tersebut sudah rampung, kecuali visa yang harus mendapat persetujuan Kedutaan Besar (Kedubes) Saudi Arabia.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Bidang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (BPIH) pada Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Banten, Lukmanul Hakim, saat ditemui di kantornya KP3B, Curug, Kota Serang, Selasa (12/7/2016).

Menurutnya, beberapa kegiatan yang telah rampung dilakukan oleh pihaknya diantaranya adalah pengkloteran, penyusunan pendamping kloter, dan pemberkasan administrasi 6.788 calhaj kecuali visa.

“Semuanya sudah hampir selesai, tinggal menunggu waktu pemberangkatan saja, termasuk biaya haji yang sudah dilunasi sejak beberapa waktu lalu oleh seluruh calhaj asal Banten,” katanya.

Ia mengatakan, tahun ini ada 84 calon haji cadangan. Jumlah tersebut karena setiap musim haji para calhaj sedikit yang membatalkan keberangkatannya kecuali disebabkan oleh kejadian insidental seperti udzur dan meninggal dunia.

“84 calhaj cadangan tidak menentu, bisa berangkat bisa juga tidak, tergantung situasi calhaj nanti,” jelasnya.

Ia mengklaim, proses urusan haji tahun ini termasuk baik, sebab dari mulai pelunasan ongkos haji dan pembuatan passport semuanya dapat dilakukan dengan waktu yang singkat.

“Peraturan terbaru Kemenag RI tentang pelunasan ongkos haji dipersingkat yang awalnya 30 hari dipersingkat menjadi 15 hari, prosedurnya juga dipermudah tidak mesti bolak-balik Kemenag sehingga proses pelayanan di Kemenag Kabupaten/Kota berjalan dengan baik,” ucapnya.

Menanggapi persoalan pemberangkatan bagi jamaah asal Kabupaten Serang yang terancam tidak difasilitasi oleh Pemda, dia akan segera melakukan koordinasi dengan Bupati Serang untuk mencari jalan keluarnya.

“Kalau untuk persoalan itu, keputusannya ada di Pemda Serang, sebab aturannya sudah jelas setiap daerah wajib memberikan APBD-nya untuk urusan haji,” ujarnya. (Red 1)

berita terkait

Komentar