Ilustrasi jalan kaki. (Foto: net)
Ilustrasi jalan kaki. (Foto: net)

5 Alasan Anda Harus Jalan Kaki Santai Setiap Hari

TOPmedia - Berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan jangka panjang. Tidak hanya dapat memangkas ukuran lingkar pinggang, berjalan juga dapat meningkatkan kesehatan untuk usia yang lebih panjang.

Tidak perlu berjalan cepat, jika Anda mampu menghabiskan waktu lebih banyak untuk berjalan santai daripada naik motor atau mobil untuk jarak dekat, manfaat besar akan dapat dirasakan. Berikut rincian manfaat berjalan kaki, sebagaimana dilansir dari Zeenews, Selasa (30/8/2016).

1. Banyak berjalan santai dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang aktif secara fisik memiliki risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan kematian akibat penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

2. Banyak berjalan santai dapat menurunkan tekanan darah, risiko diabetes tipe 2, asma, dan beberapa jenis kanker.

3. Berjalan meningkatkan suasana hati Anda dengan melepaskan hormon perasaan baik endorfin sekaligus mengurangi stres dan kecemasan.

4. Jalan cepat yang rutin memperkuat tulang dan otot. Seiring bertambahnya usia, kekuatan otot menurun. Namun studi menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kekuatan dan membuat tubuh lebih ramping.

5. Berjalan adalah salah satu cara termudah untuk menurunkan berat badan, bahkan tanpa diet. Dikatakan bahwa jalan cepat 30 menit setiap hari dapat membantu membakar sekitar 150 kalori lebih dalam sehari.

6. Berjalan kaki gratis, sederhana, dan merupakan salah satu metode paling mudah untuk tetap sehat dan bugar.

berita terkait

Komentar