Wakil Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi saat sidak pada hari pertama masuk kerja usai cuti bersama libur Lebaran, Senin (11/7/2016).*
Wakil Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi saat sidak pada hari pertama masuk kerja usai cuti bersama libur Lebaran, Senin (11/7/2016).*

288 ASN Di Kota Cilegon Bolos Usai Libur Lebaran

CILEGON, (TOPmedia) - Sebanyak 288 aparatur sipil negara (ASN) di Kota Cilegon tidak masuk kerja tanpa keterangan pada hari pertama masuk kerja usai cuti bersama libur Lebaran, Senin (11/7/2016).

Dari data di Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Cilegon, ada 41 SKPD di lingkungan Pemkot Cilegon yang melaporkan data absensi ASN. Jumlah semua ASN dari 41 SKPD tersebut ada 1.861 ASN, sementara yang hadir ada 1.483 ASN, 288 ASN tidak hadir tanpa keterangan, 41 ASN ijin, 25 ASN cuti, 16 ASN sakit, dan delapan ASN dinas luar. Sejumlah SKPD melaporkan absensinya kurang dari 50 persen.

Kepala BKD Kota Cilegon, Mahmudin, mengakui ketidakdisiplinan sejumlah pegawainya. Bahkan, kata Mahmudin, ada ASN yang sudah beberapa kali tidak masuk tanpa izin. “Absensi keseluruhan ASN lebih dari 80 persen, sudah termasuk baik dan tidak ada masalah berarti,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia berharap SKPD yang masih menggunakan absensi manual untuk memperketat absensi pegawaianya. Absensi manual dianggap masih bisa menjadi alat bagi ASN nakal yang menyalahgunakan absensi. “Absen yang harusnya untuk sore saat pulang sudah diisi sejak pagi, hal-hal seperti itu yang kami khawatirkan,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi mengatakan, ASN yang melanggar regulasi bisa dikenakan penundaan gaji berkala, dan penundaan kenaikan pangkat. “Saya apresiasi pada ASN yang masuk pada hari ini (kemarin-red). Saya yakin ASN banyak yang patuh,” ujarnya. (Red 1)

berita terkait

Komentar