Primata asal Sumatera jenis monyet beru. (Foto: TOPmedia)
Primata asal Sumatera jenis monyet beru. (Foto: TOPmedia)

20 Tahun Dikerangkeng Pemiliknya, Primata Langka Diserahkan ke BKSDA

CILEGON, TOPmedia - Setelah kurang lebih 20 tahun dikerangkeng, seekor primata asal Sumatera jenis monyet beru, akhirnya diserahkan oleh pemiliknya kepada Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Barat, Wilayah Banten, lantaran sang pemilik sudah tak sanggup lagi mengurusnya.

Hal itu diakui Sovi, sang pemilik hewan, warga lingkungan komplek BBS II, Kelurahan Ciwedus, Kecamatan Cilegon Kota Cilegon. Lantaran merasa tak sanggup lagi mengurus dan merasa kasihan, akhirnya ia memilih menyerahkan hewan kesayangan almarhumah ibundanya itu kepada pemerintah.

“Iya sudah lama dipelihara, tadinya kan itu (monyet-red) peliharaan almarhum ibu saya, tapi sekarang malah gak ada yang urus. Makanya kita mau serahkan saja kepada pemerintah,” kata Sovi, saat ditemui di kediamannya, Kamis (25/08/2016).

Sementara itu, menurut Uday Udaya petugas BKSDA Jabar Wilayah Banten, ia mengatakan bahwa hewan primata jenis monyet beru ini, belum masuk pada daftar hewan yang dilindungi. Tetapi hewan yang hanya terdapat di pulau Sumatera itu, masuk pada daftar hewan yang diawasi, karena keberadaannya mulai langka dan hanya terdapat di pulau Sumatera.

“Kita sudah terima laporannya, dalam waktu dekat hewan ini akan segera kita amankan. Sebenarnya primata ini tidak masuk daftar hewan yang dilindungi, tapi ini adalah hewan apendik yang kita awasi karena masuk daftar hewan langka dan hanya ada di pulau Sumatera,” jelas Uday.

Nantinya, monyet beru yang jumlahnya hanya satu ekor itu, akan dikirim ke pusat lembaga konservasi di wilayah Bogor untuk kembali dilatih hidup di alam liar sebelum nantinya kembali dilepas ke habitatnya. (SH/Red)

berita terkait

Komentar