120 Ton Oksigen Cair Disalurkan Chandra Asri ke Sejumlah Rumah Sakit di Banten

CILEGON, TOPmedia – Sebagai mitra pertumbuhan yang dapat diandalkan, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri), perusahaan petrokimia terbesar yang terintegrasi di Indonesia, menyerahkan bantuan berupa Oksigen Cair sebanyak 120 ton kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Banten. Bantuan ini akan diberikan secara bertahap selama 2 bulan. Penyerahan secara virtual dilakukan oleh Erwin Ciputra, Presiden Direktur Chandra Asri kepada Gubernur Banten Wahidin Halim selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Banten.

Gubernur Banten Wahidin Halim menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Chandra Asri yang telah menyerahkan bantuan Oksigen Cair untuk dapat pemenuhan oksigen medis di Rumah Sakit-Rumah Sakit di Provinsi Banten.

“Saya sempat prihatin terhadap kelangkaan oksigen medis yang dibutuhkan oleh rumah sakit dan warga yang sedang melakukan isolasi mandiri. Namun berkat dukungan teman-teman dari industri terus kita upayakan untuk segera memecahkan persoalan oksigen”, kata Gubernur Banten Wahidin.

Pemprov Banten saat ini sudah melakukan intervensi pasar terhadap oksigen medis yang saat ini pemenuhan idealnya mencapai 300 ribu tabung. Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim menjabarkan bahwa Pemprov Banten dan Pemerintah Daerah se-Tangerang Raya sudah melakukan kerja sama dengan beberapa pihak distributor oksigen untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit.

Data dari Kementerian Kesehatan mengungkapkan bahwa kebutuhan oksigen nasional meningkat tajam mencapai 2.000 ton per hari. Hal ini menyusul lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di Indonesia saat ini. Padahal sebelumnya hanya sekitar 400 ton per hari atau 25 persen dari total produksi gas oksigen di Indonesia. Namun, mengingat tengah terjadi peningkatan kasus yang terus terjadi, pemerintah mengantisipasi kebutuhan oksigen naik hingga 2.600 ton per hari.

“Kami sebagai salah satu elemen pemangku kepentingan di negara ini yang operasional usahanya berlokasi di Banten, merasa terpanggil untuk turut membantu Pemerintah dan masyarakat Banten dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 ini. Kami harap bantuan oksigen cair yang kami sampaikan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh rumah sakit di Banten untuk membantu pemulihan pasien-pasien COVID-19,” ujar Erwin.

Sebelumnya Chandra Asri bekerja sama dengan PT Air Liquide Indonesia (ALINDO), menyalurkan bantuan Oksigen Cair sebanyak 210 ton yang didistribusikan ke beberapa unit Mayapada Hospital di DKI Jakarta serta rumah sakit lainnya di Jakarta dan Banten yang tergabung dalam Asosiasi Rumah Sakit Daerah Seluruh Indonesia (ARSADA).

Selain memberikan bantuan oksigen cair, sejak Maret 2020 tahun lalu, Chandra Asri melalui program Chandra Asri untuk Negeri, telah melakukan upaya-upaya penanggulangan pandemi COVID-19 dengan dukungan bantuan berupa ribuan alat kesehatan dan pelindung diri seperti hazmat suit, masker dan sarung tangan medis, hingga set rapid test antigen yang diberikan melalui Kepala Daerah, BNPB serta rumah sakit. (TM1/Red)

berita terkait

Komentar