Ilustrasi. (Foto: Net)
Ilustrasi. (Foto: Net)

11 Kondisi Kesehatan Tanda Ajal Sudah Dekat

TOPmedia - Setiap makhluk hidup pasti akan mengalami yang namanya kematian, tak terkecuali pada manusia. Banyak hal yang bisa menjadi pertanda mendekatnya waktu kematian, seperti mimpi, firasat, ataupun kondisi lainnya.

Selain itu, orang yang menderita penyakit parah dan mendapat kemungkinan kecil untuk hidup juga biasanya menjadi pertanda ajal semakin dekat. Untuk mengetahuinya, berikut 11 kondisi kesehatan yang diyakini menjadi tanda ajal sudah dekat.

1. Nafsu makan berkurang
Tubuh seseorang yang akan meninggal akan menjadi lebih kurang aktif dan nafsu makannya mungkin akan menurun. Di saat seperti ini, mereka akan berhenti untuk makan atau minum secara drastis karena hilangnya nafsu makan.

Jika ini terjadi pada orang terdekat atau yang paling kamu cintai, biarkan mereka makan saat merasa lapar. Saat mereka benar-benar berhenti makan, jaga kondisi bibirnya agar tetap lembab dengan lip balm. Ini akan membuat mereka tidak nyaman dan akan kembali makan, walaupun sedikit.

2. Banyak tidur
Dalam kurun waktu dua sampai tiga bulan sebelum seseorang meninggal, mereka mungkin akan lebih banyak tidur dari biasanya. Saat itu terjadi, kondisi metabolisme mereka akan lebih lemah dan tidak berenergi.

Bila ini terjadi, biarkan mereka tidur dan buat keadaannya senyaman mungkin. Kamu bisa juga mengajaknya sesekali untuk pindah atau turun dari tempat tidur agar menghindari luka baring.

3. Kurang sosial
Biasanya saat seseorang sudah mendekati ajalnya, energinya akan banyak berkurang sehingga tidak ingin menghabiskan banyak waktunya dengan orang lain. Kamu tidak perlu tersinggung jika ini terjadi. Hal ini memang lazim terjadi pada orang yang akan meninggal ataupun sakit parah saat bertemu orang lain. Agar bisa membuatnya nyaman, coba atur waktu kunjungan saat ingin bertemu.

4. Tanda-tanda vital berubah
Saat mendekati kematian, akan muncul beberapa tanda vital pada diri seseorang, mulai dari turunnya tekanan darah, perubahan pola pernapasan, detak jantung jadi tidak teratur dan sulit dideteksi, bahkan urine yang berubah warna menjadi coklat. Adanya perubahan warna urine ini terjadi akibat fungsi ginjal yang sudah tidak baik lagi.

5. Jarang ke toilet
Kebiasaan makan dan minum yang lebih sedikit pada orang yang sekarat membuat gerakan pada ususnya berkurang. Tidak hanya itu, kebiasaan mereka untuk buang air kecil dan besar juga berkurang. Meski merasa sedih, coba konsultasikan keadaan tersebut ke rumah sakit. Hal ini dilakukan agar dapat memberikan kateter untuk orang tersebut supaya membantunya dalam buang air.

6. Otot yang melemah
Jelang hari-hari kematian, otot-otot yang ada di tubuh orang tersebut akan menjadi lemah. Hal ini membuatnya sudah tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Jika keadaan seperti ini sudah terjadi, bantulah saat ingin mengangkat barang atau sekedar membalikkan badan di tempat tidur.

7. Suhu tubuh menurun

Penurunan suhu tubuh bisa menandakan bahwa darah yang mengalir ke tangan, kaki atau bagian lainnya akan semakin sedikit. Saat seseorang akan meninggal membuat sirkulasi darah akan berkurang, dan hanya terfokus pada organ-organ internal tubuh mereka.

Saat ini terjadi, kulit akan terlihat pucat atau bintik-bintik,terasa dingin saat disentuh, dan muncul bercak biru serta ungu. Pastikan mereka tetap hangat dengan memberinya selimut atau lainnya.

8. Mengalami kebingungan
Saat seseorang mendekati ajalnya, otak yang dimilikinya ternyata masih aktif. Tapi, terkadang suka bingung atau tidak koheren. Ini bisa terjadi jika mereka mengalami hilang ingatan tentang apa yang terjadi di sekitarnya. Untuk itu, ajak mereka berbicara dan dengan perlahan buat mereka menyadari apa yang terjadi.

9. Pola pernapasan berubah
Seseorang yang sudah mendekati ajal atau kematiannya mungkin akan mengalami kesulitan dalam bernapas. Pola pernapasan mereka akan berubah kecepatannya, terengah-engah, bahkan berhenti bernafas. Jika merasa khawatir, konsultasikan keadaan tersebut pada dokter.

10. Rasa sakit yang meningkat
Rasa sakit akan bertambah saat seseorang telah mendekati waktu kematiannya. Meski sulit mengetahui bagaimana rasa sakitnya, kamu bisa lihat dari ekspresi yang dibuatnya, seperti sedih atau mengeluarkan suara yang terdengar menyakitkan. Untuk sedikit membantunya, konsultasi ke dokter dan obat pereda nyeri agar membuatnya nyaman.

11. Munculnya halusinasi
Bukan hanya saat melamun, orang yang akan meninggal juga bisa mengalami halusinasi. Mungkin karena akan dicabut nyawanya oleh Tuhan, jadi tak perlu aneh jika melihatnya berhalusinasi. Meskipun memprihatinkan, sebaiknya jangan mencoba untuk memperbaiki apa yang ada di penglihatannya agar membuatnya nyaman.

 

Sumber: Detik.com

berita terkait

Komentar